Cara Membuat Akun dan Menautkan Blog dengan Webmaster - Mungkin sobat kiat-cara.com tahu bahwa tutorial ini sebenarnya sudah begitu banyak dirilis oleh blogger lain nya, namun karena kebanyakan artikel copy paste saja sehingga artikel tersebut masih banyak kekurangan nya. Jadi sengaja artikel ini ditulis untuk melengkapi kekurangan teman-teman yang terdahulu, kalau masih kurang tambah lagi ya....

Google Webmaster Tools merupakan layanan gratis milik perusahaan search engine raksasa, Google yang memungkinkan kita untuk untuk memantau dan mengoptimalkan blog atau web.

Layanan ini juga memungkinkan untuk meminta search engine melakukan crawling terhadap blog atau web dan memantau 'kesehatan' suatu blog/web. Tentunya hal  ini sangat penting manfaatnya bagi para blogger dalam melakukan optimalisasi blognya.

Untuk bisa mendaftar webmaster google syarat utamanya adalah kita harus mempunyai akun google dulu atau email google, bagi yang belum punya silahkan registrasi terlebih dahulu di mail.google.com, bagi yang sudah punya, yuk kita tautkan blog ke Google webmaster kita.

Google Webmaster
    1. Silahkan kunjungi alamat nya di sini Google webmaster dan langsung saja login kalau blogger kita menggunakan email gmail, biasanya kita udah langsung masuk ke halaman beranda Google webmaster, dan blog kita telah ada di daftar blog yang terkait dengan akun email kita. Jika belum ada silahkan daftarkan dengan mengklik icon Add a site.

    2. Klik Manage site pada samping kanan dari blog kita.pilih Add or remove users kemudian pada icon owner klik lagi To change or remove a site owner, please go to owner verification page.
    Google Webmaster

    3. Setelah itu pilih lagi menu Verify using a different method. Sehingga akan muncul halaman seperti dibawah ini. 
    Google Webmaster
       

    4. Terdapat 4 pilihan verifikasi, sebaiknya pilih metode HTML Tag saja.
      Copy kode tersebut dan pastekan pada template HTML kita sebaiknya persis setelah kode <head>.

      Setelah itu simpan lagi template nya lalu kembali lagi ke halaman verifikasi tadi dan klik icon Verify, tapi ingat jangan di klik sebelum kita sukses menyisipkan kode verifikasi tadi kedalam template kita.

      Jika berhasil maka akan keluar pesan bahwa kita sudah sukses memverifikasi blog dan sudah terhubung dengan webmaster.

      5. Untuk menggunakan fitur lain nya klik icon webmaster tools atau klik continue, setelah itu lakukan lagi langkah No 2 namun disini kita bukan untuk menverifikasi.

      Perhatikan menu disebelah kirinya mulai dari Configurasi, Health/Kesehatan, Traffic, Optimisasi/Optimization dan Lab. Optimalkan penggunaan masing-masing nya.

      Untuk Configuration terdapat menu :


      Settings berguna untuk optimal target penelusuran blog kita. Jika ingin mengoptimalkan pengunjung di Indonesia saja ganti target Geografi nya menjadi Indonesia.

      Sitelinks  sebaiknya tidak digunakan agar tetap terlihat pada penelusuran.


      URL Parameter berguna untuk menentukan parameter, ingat kalau tidak yakin sebaiknya tidak dibuat parameter khusus nya.

      Change address, jika kita pindah domain maka ganti sesuai domain yang ada.

      User dan Associates hanya sekedar info blog saja

      6. Untuk Menu Health atau Kesehatan kita akan diberi informasi mengenai kesehatan blog, yang penting kita optimalkan adalah menu Fecth As Google atau ambil sebagai Google. Pada pilihan ini klik Fecth dan biarkan kotak tambahan alamat kosong agar langsung ke halaman utama blog kita. Setelah sukses klik lagi submit to index. Jika kita baru pertama kali menggunakan fitur ini sebaiknya pilih saja URL and all linked pages sehingga semua halaman blog akan terindex lebih cepat. 


      Google Webmaster



       

      7. Sekarang kita lanjutkan ke Menu Traffic, disini tidak ada yang bisa kita optimalkan karena menu ini hanyalah laporan

      8. Pada Menu Optimization

      Sitemap, tambahkan link sitemap blog kita dengan mengklik Add/Test Sitemap masukan alamat dibawah satu persatu.
       

      atom.xml

      rss.xml

      feeds/posts/default

      feeds/posts/default?alt=rss


      Atau bisa alamat sitemap lainnya.

      Klik Refresh the page jika sudah di Submit kan. Jika terlihat pending berarti kita sudah sukses, tunggu saja beberapa hari dan laporan lainnya akan terlihat, yang penting jangan sampai
      General HTTP error: 404 not found karena itu berarti sitemap kita salah.

      Untuk Contents Keywords bisa kita manfaatkan sebagai settingan keyword pada template kita, caranya ? lihat keyword yang ada dan simpan pada metacontent keyword di template kita. Tapi data ini baru akan muncul 2-7 hari setelah kita menautkan blog kita ke Google Webmaster, jadi bagi yang baru, check lagi saja nanti.

      Untuk Google webmaster nya mungkin itu yang paling utama kita lakukan, namun jika ingin bereksperimen silahkan saja di utak-atik fitur lain nya…

      Semoga bermanfaat…

      Posting Komentar