sitemap.xml
Cara Mudah Submit sitemap.xml Pada Blogspot - Setelah Mencari kesana kemari soal sitemap.xml ini mulai dari membuat sitemap.xml pada sitemaps.org dan upload sitemap ke root direktori, semua referensi yang dibaca berakhir nol. Malah sampai saat ini saya sendiri belum menemukan cara upload file ke root direktori blogger. ( yang tau buruan tulis deh....eheheheh)

Memang beda kalau kita membeli hosting sendiri karena disitu kita bisa memanfaatkan cPanel apa lagi pada joomla, wordpress, drupal dan lain nya.

Namun setelah mencoba berbagai cara ternyata tidak sulit melakukan submit sitemap.xml pada blogspot, hanya butuh sentuhan kecil pada webmaster dan sitemap.xml nya diterima dan tidak errors. 

Syarat utama nya adalah kita sudah menautkan blog atau web kita ke akun Google Webmaster, jika belum baca lagi Cara Menautkan Blog Dengan Webmaster

Setelah masuk ke akun Google Webmaster, klik lagi icon Add/Test Sitemap, kalau belum ketemu, baca lagi artikel di atas tadi. Pada Kotak setelah alamat blog atau website ketik sitemap.xml lalu submitkan.

sitemap.xml
Kendala akan muncul Khusus untuk sobat kiat-cara.com yang mempunyai domain sendiri, seperti saya www.kiat-cara.com, kita tidak bisa langsung melakukan submit sitemap.xml ini, jika kita submit sitemap.xml pada top domain maka akan muncul pesan General HTTP error: 404 not found kalau tidak percaya coba saja...eheheh..

Lalu apa solusi nya, begitu banyak pertanyaan sejenis muncul untuk hal ini.

Oke pada artikel Cara Menautkan Blog dengan Webmaster diatas kita sudah membahas cara Add A Site atau menambah sebuah blog atau website ke webmaster. Untuk itu tambahkan kembali blog anda yang masih subdomain dari blogspot, untuk subdomain www.kiat-cara.com adalah http://kiat-cara.blogspot.com Jadi tambahkan lagi blog dengan blogspot.com tadi. 

Setelah kita sukses menambahkan blog tadi, verifikasi juga terlebih dahulu, setelah itu baru Submit kembali sitemap.xml nya seperti contoh diatas. untuk www.kiat-cara.com sitemap.xml nya adalah http://kiat-cara.blogspot.com/sitemap.xml coba saja copy pastekan di browser sobat kiat-cara.com, Eits...bisa di downloadkan...eheheh....

Mudahkan submit sitemap.xml pada Google Webmaster, Semoga bermanfaat...Jangan lupa komentar nya deh.....

Kiat dan Cara

Posting Komentar

  1. cara virifikasi ulangnya gimana sob?
    saya coba gak bisa.

    mohon solusinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk verifikasi ulang, cobalah hapus dulu kode verifikasi yang lama dan silahkan diganti dengan kode verifikasi yang baru.

      semoga bisa membantu...

      Hapus
  2. apakah sitemap di lakukan setelah pasang verivikasi di html blog kita bos ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, setelah kode Verifikasi di pastekan pada template blog, kemudian klik Verifikasi icon pada Webmaster.
      Setelah terverifikasi baru submite kan sitemap xml nya.

      Hapus
  3. Salam Sukses Untuk kiat-cara.com, dan salam kenal dari sedotwcsidoarjo.com, numpang berbagi sitemap untuk google webmaster, biasanya ane lebih suka pake sitemap yang seperti ini

    atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=9999. index jadi lebih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sukses dan salam kenal kembali,
      pake sitemap diatas juga bagus, tapi sitemap atom dan rss tidak membaca alt tag.
      sehingga kalau kita pake seo analizer akan terdapat banyak errors.

      Hapus