Cara Membuat Form Online Dengan DocsSetelah membahas membuat Form untuk Joomla, Sekarang ini kita akan membahas cara membuat form online yang berfungsi untuk banyak hal seperti form pendaftaran online, form toko online, form contact us atau lain nya sesuai kebutuhan kita. khusus nya untuk blog.

Tentu sebahagian kita sudah mendengar atau membaca tentang Google Docs, nah aplikasi inilah yang akan kita geluti sekarang ini agar kebutuhan form online kita bisa terpenuhi. 

Sebenarnya banyak aplikasi untuk membuat form online ini, namun ujung-ujung nya berbayar, mendingan nyari yang gratis dan gampang aja kan….eheheh,…..kayak mau isi blog copas aja….. :D

Tutorial yang disajikan ini memakai settingan google dalam bahasa Indonesia, jadi kalau settingan nya pake bahasa lain mbok ya di ganti dulu…eheheheh….

Syarat utama dari aplikasi ini adalah kita harus mempunyai akun email di gmail, bagi yang belum ayo buruan daftar dulu di http://mail.google.com

Oke, setelah punya akun gmail tadi, sekarang silahkan login di http://docs.google.com
Begitu login maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :
Form Online Docs
Sekarang ini kita akan membuat Formulir Pemesanan atau Order Form untuk sebuah Website Online Store atau Toko online. Yuk kita mulai…

1.    Mari kita buat dengan mengklik link Buat di sebelah kiri atas dan pilih menu formulir. Maka akan terbuka 1 tab windows lagi dengan tampilan seperti dibawah ini.

Form Online Docs

2.    Pada Teks Formulir Tanpa Judul kita beri judul sesuai dengan Formulir apa yang akan kita buat.

3.    Pada Kotak besar dibawah nya dapat diisi dengan pesan singkat apa saja yang harus diisikan.

4.    Pada Kota Judul Pertanyaan silahkan diisi dengan Nama.

5.    Pada Kota Teks Bantuan boleh diisi boleh tidak, jika diisi isilah dengan petunjuk misal nya Masukan nama lengkap.

6.    Jenis Pertanyaan biar kan tetap teks.

7.    Centang pada Buatlah ini sebagai pertanyaan yang diperlukan sehingga kotak Nama ini Wajib diisi.


8.    Setelah itu klik selesai. Satu form “Nama” selesai kita buat.

9.    Untuk selanjutnya ada kotak pertanyaan 2, klik tanda edit di sebelah kanan nya dan isi lagi seperti langkah sebelumnya mungkin kita butuh No HP atau Email Konsumen.

10.    Untuk tampilan lain kita bisa memilih menu “Jenis Pertanyaan” yang terdiri dari 7 pilihan yaitu :

    •    Teks                        : untuk isian pendek seperti Nama, No HP, Email, dan sebagai nya.


    •    Teks Paragraf        : Berguna untuk isian yang lebih panjang seperti Alamat Lengkap, atau Pesan Konsumen.



    •    Pilihan Berganda    : Berguna agar konsumen bisa memilih yang mereka ingin kan hanya dengan jalan mengklik pilihan nya sangat cocok untuk pilihan Bank transfer. Pada menu ini kita bisa menyediakan opsi kosong dengan jalan mengklik Link “Tambah Lainnya” sebelah kanan kotak terbawah.



    •    Kotak Centang        : Menu ini tidak jauh beda dengan Menu pilihan berganda, hanya saja pada menu ini konsumen bisa memilih lebih dari satu pilihan. Sangat cocok untuk jenis produk yang kita pasarkan.



    •    Pilih dari daftar    : Menu ini hampir sama juga denga pilihan berganda karena konsumen hanya bisa memilih satu pilihan dari daftar yang kita buat.



    •    Skala                          : Menu ini berfungsi untuk menentukan jumlah barang yang mereka inginkan, tersedia dari pilihan dari 0 sampai 10.



    •    Kotak                         : Menu ini tidak jauh beda dengan menu skala, hanya saja disini konsumen bisa memilih lebih dari satu.


Saya anggap 2 item Formulir sudah selesai, anggaplah Nama dan No Hp, maka untuk menambah item selanjut nya Klik lagi menu Tambah Item pada kanan atas halaman kerja kita, terserah mau pilih apa karena nantinya bisa di edit kembali.


11.    Setelah selesai membuat formulir sesuai kebutuhan kita, selanjutnya mari kita edit konfirmasi dengan cara memilih menu “Mau diapakan” pada kanan atas. Ini merupakan pesan yang akan muncul setelah konsumen mengirim orderan nya. Disini bisa kita tulis “Pesanan anda telah kami catat, silahkan transfer secepatnya untuk proses selanjutnya. Setelah transfer konfirmasikan secepatnya dengan mengisi form konfirmasi. Terima Kasih Telah Berbelanja bersama kami”.


Sehingga Konsumen bisa mendapatkan informasi apa yang harus mereka lakukan. Namun pada menu ini JANGAN mencentang kotak terbitkan ringkasan tanggapan. Kalau kita mencentang ini, maka konsumen akan tahu siapa saja yang telah melakukan orderan. Terserah bagaimana pilihannya.


12.    Simpan Form yang telah kita buat tadi, kalau penasaran ingin melihat tampilan Formulir nya, kita bisa melihat dengan jalan mengklik link yang ada dibawah lembar kerja kita. Sehingga kita bisa melakukan editing jika masih ada yang kurang pas atau kurang cocok dengan kebutuhan kita.


13.    Agar bisa tampil di blog atau website kita, Klik lagi menu Mau diapakan tadi dan pilih Disematkan. Akan keluar script/HTML. Silah kan di copy script tersebut untuk dipergunakan di blog atau website kita. Atau sebaik nya disimpan dulu di notepad.


14.    Sekarang langkah selanjut nya adalah membuat halaman Formulir tadi di blog, saya anggap anda sudah login. Silahkan ambil menu “Laman” atau Page. Dan buat Halaman Kosong.


15.    Beri Judul Formulir Pemesanan atau sesuai Formulir kita


16.    Paste kan script tadi pada postingan nya, tapi ingat kita harus paste kan pada halaman HTML bukan Compose dengan jalan menggantinya disebelah kiri halaman entri. Setelah itu publikasikan. Dan Formulir kita pun selesai.


Jika ingin melihat contoh Formulir yang saya buat Silahkan Lihat Formulir Pemesanan/Order Form atau Formulir Konfirmasi ini.

Jika kita ingin mengganti tema halaman Formulir nya,  dapat kita lakukan dengan mengklik menu Tema pada kiri atas. pilih lah tema halaman sesuai yang kita inginkan.


Setelah semuanya selesai kita lakukan, akan muncul lagi pertanyaan, dimanakah kita bisa melihat seandainya ada yang mengisi Formulir Pemesanan atau formulir kita ?


Okee….mari kita login lagi ke docs.google.com tadi, seandai nya masih belum logout kita bisa langsung kembali ke tab home tadi. Disitu kita akan melihat Dalam Daftar Drive Saya Nama File atau Judul Formulir yang kita buat tadi. 

Silahkan di klik saja link file tersebut, sehingga kan terbuka tab windows yang baru dan sebuah lembaran excel akan tampil. Disinilah kita akan melihat kiriman dari Formulir yang kita buat tadi.


Sekarang silahkan berkreasi membuat Formulir lain nya, misal nya Formulir Kontak Jodoh…. :D

Capek juga nulis nya….eheheheh……Semoga bermanfaat…..


 

Posting Komentar

  1. mantap tutornya,..kemarin bingung buat form online di google docs.salam kenal ya..

    BalasHapus